Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tangkap Macan Tutul di Gunung Muria

Kompas.com - 06/09/2013, 15:50 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis

Sumber KOMPAS

SEMARANG, KOMPAS.com - Seekor macan tutul (Phantera Pardus) tertangkap warga di lereng Pegunungan Muria, Dukuh Duplak, Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2013). Macan tutul yang diperkirakan berusia tiga tahun tersebut masuk ke perangkap yang dibaut warga sekitar pukul 02.00 WIB.

Menurut informasi dari Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah Johan, warga sengaja memasang perangkap jebakan tersebut untuk mengetahui penyebab ternak mereka hilang. Pegunungan Muria yang sebagian besar areanya masih merupakan hutan lebat, diperkirakan masih menjadi habitat bagi macan tutul.

Hingga saat ini proses evakuasi penyelamatan dilakukan pihak BKSDA Jateng yang membawa serta dokter hewan untuk memeriksa kondisi macan tutul yang mulai stres. "Rencananya setelah ini akan dibawa ke Taman Safari Batang untuk dirawat sementara," ujar Johan.

Johan juga mengutarakan, kawasan Pegunungan Muria memang menjadi habitat macan tutul, maka keberadaannya akan dilindungi.

"Banyak informasi dari masyarakat bahwa mereka kerap melihat harimau jawa, namun keberadaannya hingga saat ini masih perlu diteliti kembali," kata Johan.

Sementara itu, kepastian pemulangan kembali satwa langka yang dilindungi ke habitat semula ini masih menunggu perkembangan selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KOMPAS
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com