Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khofifah-Herman Rebut Kota Sumenep

Kompas.com - 04/09/2013, 19:28 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


SUMENEP, KOMPAS.com - Hasil rekapitulasi manual yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep atas hasil pemilihan Gubernur Jawa Timur, Rabu (4/9/13), mengesahkan kemenangan pasangan calon nomor urut 4, Khofifah Indar Parwansa-Herman S Sumawiredja, Rabu (4/9/2013).

Pasangan Khofifah-Herman meraup 171.278 suara, pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf mendapatkan 162.591 suara, pasangan Bambang DH-Said Abdullah memperoleh 126.282 suara, dan terakhir pasangan Eggi Sudjana-M Sihat 14.355 suara.

Pasangan Khofifah-Herman unggul di 10 kecamatan, yakni Nonggunong, Pragaan, Dungkek, Gapura, Batuputih, Rubaru, Manding, Arjasa, Kangayan, dan Sapeken. Sedangkan Soekarwo-Saifullah menguasai 14 kecamatan, yakni Ganding, Raas, Kalianget, Saronggi, Bluto, Gayam, Guluk-guluk, Batuan, Talango, Dasuk, Ambunten, Masalembu, Giligenting, dan Kota Sumenep. Sementara, pasangan Bambang-Said unggul di 3 kecamatan, yakni Lenteng, Batang-batang, dan Pasongsongan.

Hasil tersebut, kata Ketua KPU Sumenep Toha Samadi, sudah final walaupun sempat ada protes dari saksi pasangan Soekarwo-Saifullah. Namun itu bisa diselesaikan dengan baik berdasarkan aturan dan perundang-undangan.

Protes kata Toha, merupakan sesuatu yang wajar dalam setiap pemilihan. Namun transparansi penghitungan yang dilakukan mulai dari tingkat PPS hingga tingkat kabupaten, bisa disaksikan siapapun dan tanpa adanya rekayasa.

Dengan selesainya rekapitulasi tersebut, pihak KPU Sumenep tidak akan menunggu berkas hasil rekapitulasi dari Kecamatan Masalembu yang belum bisa dikirim ke Sumenep. Tidak dikirimnya hasil rekap itu karena tidak ada kapal yang bisa mengirim ke Sumenep karena cuaca buruk.

Rekapitulasi tingkat Kabupaten khusus untuk Kecamatan Masalembu, dilakukan dengan cara teleconference Rabu pagi. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat ada kapal yang menuju Sumenep sehingga rekapnya bisa dikirim. Namun jika tidak memungkinkan cukup dikirim melalui email saja," ungkap Toha.

Jika rekap dari Kecamatan Masalembu sudah dikirim ke KPU Sumenep, berkas akan secepatnya disusulkan ke KPU Jawa Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com