Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manggarai Timur Kecewa Peserta Sail Komodo Batal Singgah

Kompas.com - 29/08/2013, 16:13 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis


BORONG, KOMPAS.com — Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur Hendrikus Ganggur menyatakan sangat kecewa karena peserta Sail Komodo batal singgah di Pantai Cepi Watu, Borong, Kelurahan Ranaloba, Kecamatan Borong.

Padahal, kata Hendrikus, sebelumnya sudah dipublikasikan melalui media massa bahwa peserta Sail Komodo akan berlabuh di Pantai Borong sebelum bertolak ke Labuan Bajo. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur sudah menyiapkan berbagai keperluan untuk menyambut wisatawan mancanegara yang mengunjungi wilayah ini. Salah satunya kebutuhan pemandu wisata.

Hendrikus menjelaskan, pada Rabu (27/8/2013), kapal rombongan Sail Komodo bertolak dari Waekelo, Kabupaten Sumba, namun tidak singgah ke Borong. Rombongan malah langsung menuju Labuan Bajo.

Menurutnya, sejak Rabu, warga dari 9 kecamatan sudah berada di lokasi Cepi Watu untuk menyambut wisatawan, berbagai atraksi budaya sudah disiapkan untuk menyambut peserta Sail Komodo. Namun, wisatawan yang menjadi anggota Sail Komodo tidak kunjung tiba di perairan Borong.

“Kami sangat kecewa karena mereka batal mengunjungi pantai Cepi Watu. Tetapi, kami tetap mendukung penyelenggaraan Sail Komodo. Pada Rabu (27/8/2013) sampai Jumat (30/8/2013) digelar pekan budaya Kabupaten Manggarai Timur. Pembukaan pekan budaya Manggarai Timur sudah dimulai sejak kemarin sore, Rabu (27/8/2013)," kata Hendrikus.

Apakah ada pemberitahuan sebelumnya? Hendrikus mengaku panitia penyelenggara Sail Komodo tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur tidak memberitahukan secara resmi pembatalan kunjungan ke Cepi Watu, Borong, Manggarai Timur.

Hendrikus mengatakan, pekan budaya Manggarai Timur dalam menyambut peserta Sail Komodo menampilkan berbagai atraksi budaya di 9 kecamatan di Manggarai Timur, yakni tarian Vera dari Kecamatan Kota Komba, tarian sanda, tarian Mbata, dan tarian Raga Sae.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com