Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS Apung dr Lie Dharmawan Singgahi Indonesia Timur

Kompas.com - 29/08/2013, 10:07 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Dokter Peduli atau doctorSHARE akan kembali menggelar pengobatan gratis dengan menggunakan Rumah Sakit Apung dr Lie Dharmawan di sejumlah lokasi di Indonesia Timur selama September 2013.

Tiga lokasi yang akan disinggahi adalah Bali, Labuan Bajo, dan Kei Maluku Tenggara. Dalam edaran yang dikirim doctorSHARE, Kamis (29/8/2013), kapal Rumah Sakit Apung (RSA) dr Lie Dharmawan berangkat dari Jakarta akhir Agustus ini.

Kapal diperkirakan tiba di Pelabuhan Benoa, Bali, Minggu (1/9/2013). Tiga hari kemudian, tim doctorSHARE dijadwalkan melakukan bedah mayor, bedah minor, serta pengobatan umum di Pulau Serangan, Bali.

Pelayanan medis di Bali ini bekerjasama dengan Lions Clubs Indonesia MD 307, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, dan RS Sanglah. Pelayanan medis di Bali menargetkan 250 pasien pengobatan umum, 15 pasien bedah minor, dan lima pasien bedah mayor.

Warga yang menjalani pengobatan maupun bedah tidak dipungut biaya. Tim doctorSHARE diketuai dr Edward Susanto menerjunkan sembilan dokter (termasuk dokter bedah dan spesialis anestesi), seorang perawat, dan lima relawan non medis.

Sementara Fakultas Kedokteran Universitas Udayana akan menerjunkan dua dokter bedah, dua dokter anestesi, dua perawat bedah, dua perawat anestesi, dua perawat pasca bedah, dan lima dokter umum.  

Dari Bali, pelayaran berlanjut ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Tim akan bergabung dengan TNI AL yang akan melangsungkan pelayanan medis dalam ajang Sail Komodo 2013. Jenis pelayanan medis yang akan dilakukan adalah pengobatan umum, bedah minor, bedah mayor, dan pendampingan (penyuluhan) kesehatan dengan mengambil topik HIV/AIDS.  

Pelayanan medis doctorSHARE dalam ajang Sail Komodo 2013 berlangsung pada 10-14 September 2013. Kali ini bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra) beserta jajaran kepanitiaan Sail Komodo 2013 lainnya.

Bedah mayor dan minor akan berlangsung di RSA, sementara pengobatan umum dan penyuluhan diadakan di Pulau Komodo dengan target bedah mayor 7 pasien, bedah minor 20 pasien, dan pengobatan umum 500 pasien.

Setelah itu, doctorSHARE akan bertolak ke Kei, Maluku Tenggara untuk melangsungkan pelayanan medis bagi warga di sana.

Kei merupakan tempat lahirnya ide RSA dr. Lie Dharmawan beberapa tahun silam. Pelayanan medis di Kei, Maluku Tenggara direncanakan akan berlangsung hingga akhir September 2013 dalam bentuk pengobatan umum, bedah minor, dan bedah mayor.  

Sebelumnya, doctorSHARE dengan RSA dr Lie Dharmawan-nya telah melakukan pelayanan medis ke berbagai penjuru Indonesia yaitu Pulau Panggang–Kepulauan Seribu (16-17 Maret 2013), Belitung Timur (2-4 April 2013), Ketapang – Kalimantan Barat (12-14 April 2013), Pontianak – Kalimantan Barat (11-13 Juni 2013), dan Bangka Tengah (17-19 Juni 2013).  

Kapal Motor RSA dr Lie Dharmawan berukuran panjang 23,5 meter dan lebar 6,55 meter. RSA diresmikan pada 6 Juni 2013 dan memiliki fasilitas rumah sakit seperti kamar bedah, kamar EKG, USG dan rontgen, laboratorium, ruang rawat pasien, ruang resusitasi, kamar dokter, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com