Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengiriman Logistik Pilgub ke Masalembu Gagal Pakai Helikopter

Kompas.com - 27/08/2013, 09:51 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


SUMENEP, KOMPAS.com - Hingga H-2 Pemilihan Gubernur Jawa Timur, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, masih menghadapi masalah pendistribusian logistik ke Pulau Masalembu. Pengiriman menggunakan helikopter seperti yang direncanakan dipastikan gagal.

Ketua KPU Sumenep Toha Samadi, mengatakan, sulitnya pendistribusian logistik ke Masalembu karena cuaca ekstrem dan tidak ada kapal yang berani berlayar. Semula direncanakan menggunakan helikopter, namun helikopter juga tidak bisa karena kecepatan angin juga tidak bisa ditembus pesawat helikopter.

"Berdasarkan konsultasi kami ke KPU Jawa Timur, pendistribusian menggunakan helikopter milik swasta juga tidak bisa karena kendala cuaca. Sementara milik TNI AL digunakan untuk keperluan internal AL," ungkap Toha, Selasa (27/8/2013).

Toha menjelaskan, sebenarnya ada alat angkut alternatif, yakni menggunakan pesawat jenis Nomad milik TNI AL. Namun setelah dicek oleh Panitia Pemilihan Kecamatan dan Camat Masalembu, lokasi pendaratannya rusak dan berbatu sehingga tidak memungkinkan bagi pesawat untuk mendarat.

Oleh karena itu, KPU Sumenep akan melakukan rapat dengan KPU Jatim untuk mencari solusi masalah tersebut. KPU Sumenep juga akan membawa beberapa rekomendasi untuk dijadikan pertimbangan.

"Salah satu rekomendasinya yakni distribusi logistik bisa menggunakan kapal perang dengan kecepatan tinggi dan mampu menembus ombak besar," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com