Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Monyet Menyerbu, Warga Lereng Merapi Resah

Kompas.com - 24/08/2013, 17:53 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


KLATEN, KOMPAS.com - Pemilik ladang dan kebun di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Desa Deles, Kemalang, Klaten, diresahkan dengan ratusan monyet yang mengambil hasil ladang mereka.

Sebagian besar ladang tembakau dan cabai di Deles tersebut pun rusak. Selain itu, beberapa monyet masuk ke rumah dan mengambil makanan milik warga. Menurut salah satu warga, Supadi, serangan monyet dari Gunung Merapi sudah terjadi sejak sepekan lalu.

"Biasanya kalau kemarau ya banyak yang turun, dan mencari makanan di desa. Warga juga bingung menghalau monyet, karena sekali datang bisa banyak," katanya, Sabtu (24/8/2013).

Kawanan monyet yang menyerang desa di sekitar lereng Merapi tersebut seakan tidak memedulikan teriakan warga yang mencoba mengusir mereka. Beberapa warga bahkan membawa anjing untuk menghalau monyet tersebut.

Kondisi kemarau yang ekstrem seperti saat ini dan belum terbentuknya hutan Merapi pasca-erupsi 2010, membuat stok makanan hewan berkurang. Akibatnya kawanan hewan seperti monyet, turun gunung mencari makanan di pemukiman warga.

Hingga saat ini, belum diketahui jumlah kerugian warga sejak serangan monyet liar dari Gunung Merapi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com