Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tulungagung, Khofifah Kembali Dihadiahi "Saweran"

Kompas.com - 22/08/2013, 20:33 WIB

TULUNGAGUNG, KOMPAS.com - Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, yang berkampanye di daerah Tulungagung, kembali mendapatkan hadiah kejutan dari masyarakat dan warga Nahdiyin Kabupaten Tulungagung.

Seusai memberikan ceramah kepada ribuan massa yang duduk rapi beralaskan tikar di lapangan Beji, Boyolangu, Tulungagung, Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut dihadiahi tumpukan kotak kardus yang berisi uang hasil saweran ribuan warga yang menghadiri kampanye.

Rupanya, tanpa diketahui oleh Khofifah, disaat dirinya memberikan ceramah, puluhan ibu langsung mengedarkan kotak-kotak kardus ke seluruh warga masyarakat yang hadir pada kampanye tersebut. Kotak saweran tersebut direspons cepat oleh hampir sebagian besar hadirin yang memadati lapangan.

Menurut Nafisah, salah seorang ibu yang ikut mengedarkan kotak sumbangan, apa yang dilakukan oleh dirinya bersama ribuan warga yang lain berawal dari keprihatinan warga masyarakat Tulungagung yang sejak awal menjadi pendukung pasangan Khofifah-Herman menjadi calon Gubernur Jatim.

"Ibu Khofifah itu orang yang jujur, jadi wajar lah kalau duitnya kalah jauh dibandingkan pasangan cagub yang lain. Karena ibu kalah uang, makanya sering diperlakukan tidak adil. Tapi ibu tidak boleh patah semangat, karena kami sebagai pendukung ibu Khofifah siap berkorban demi ibu. Makanya dalam kesempatan ini kami mengedarkan kotak sumbangan, yang selanjutnya kami serahkan hasilnya kepada ibu Khofifah," ungkap Nafisah.

Mengetahui bahwa ribuan warga yang hadir melakukan saweran bersama untuk disumbangkan kepada dirinya, Khofifah tidak mampu menahan keharuannya. Menurut mantan anggota DPR RI dari Fraksi PKB tersebut, sumbangan tersebut merupakan bukti kecintaan warga Tulungagung kepada PKB, serta kepada calon-calon pemimpin yang diusung oleh PKB.

"Saya merasa sangat terharu menerima sumbangan dari saudara-saudaraku warga Tulungagung yang menghadiri kampanye ini. Insya Allah sumbangan dari warga Tulungagung tidak akan sia-sia. Saya tidak akan melihat berapa nilai yang diberikan kepada saya, tapi saya yakin, ini semua merupakan bentuk kecintaan seluruh warga kepada kami dan PKB," ungkap Khofifah sambil menahan haru.

Kepada hadirin, Khofifah juga mengingatkan agar warga Tulungagung tidak mudah tergiur rayuan cagub lain yang memberikan iming-iming hadiah maupun uang, menjelang pencoblosan.

"Apakah ibu mau mendapatkan uang yang tidak seberapa namun tidak berkah?" Pertanyaan yang dilontarkan Khififah tersebut langsung mendapat jawaban kompak dari ibu-ibu yang hadir, "tidak..."

Di akhir sambutannya, Khofifah mengajak seluruh hadirin, yang didominasi oleh ibu-ibu, untuk mengumandangkan shalawat Nabi bersama, kemudian disusul dengan lantunan lagu karya Iwan Fals yang berjudul Ibu. Dengan suara yang serak, lagu yang dibawakan Khofifah terlihat begitu menyentuh perasaan ibu-ibu yang hadir. Nampak beberapa ibu tidak mampu membendung air matanya, mendengarkan lantunan shalawatn dan lagu ibu yang dinyanyikan Khofifah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com