Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Eks Lokalisasi Semampir Belajar "Nyoblos"

Kompas.com - 20/08/2013, 16:26 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Puluhan warga yang tinggal di sekitar eks-lokalisasi Semampir di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur mendapatkan pembelajaran menyoblos kertas surat suara pilgub Jatim maupun Pilwali Kediri, Selasa (20/8/2013).

Pelatihan yang digelar oleh KPU setempat di Balai Pertemuan RW V itu diperuntukkan bagi para perempuan yang berasal dari beberapa rukun tetangga di lingkungan tersebut.

"Kita lakukan sosialisasi pada basis massa khusus. Kemarin kita lakukan pada komunitas penyandang cacat, warga binaan lapas, dan saat ini pada lingkungan kompleks (lokalisasi)," kata Zainal Arifin, Komisioner KPU Kota Kediri.

Zainal menambahkan, sosialiasi itu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada nanti sehingga angka warga yang tidak memberikan suaranya atau golput dapat ditekan jumlahnya.

Mekanisme pelatihan itu dilakukan dengan memberikan penjelasan tentang jumlah pasangan calon pilwali maupun pilgub, jenis dan bentuk surat suaranya, serta cara pencoblosan yang dianggap sah, lalu dilanjutkan simulasi.

Sarji, salah satu Ketua RT di Semampir mengatakan, tidak semua peserta sosialisasi itu bekerja sebagai penjaja seksual. Menurut dia, masih banyak di antara mereka yang mempunyai profesi lain.

"Bukan semua (PSK). Hanya sebagian kecil saja," kata Sarji. Pilgub Jatim maupun Pilwali Kediri akan digelar secara bersamaan pada 29 Agustus 2013 nanti. Pada pilgub ada empat pasangan calon, sementara pilwali Kediri ada tujuh pasangan calon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com