Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kediri, Cawagub Saifullah Disambut Ledakan Tumbuk Batu

Kompas.com - 19/08/2013, 15:24 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Saifullah Yusuf, calon Wakil Gubernur Jawa Timur, menebar pesona di Kota Kediri, Senin (19/8/2013). Kali ini ia tampil di hadapan para pendekar Pagar Nusa Jawa Timur yang sedang menggelar apel akbar dan halalbihalal di Aula Muktamar Pesantren Lirboyo Kediri.

Pada kesempatan itu, pria yang akrab disapa Gus Ipul, itu tidak didampingi pasangannya, Gubernur Soekarwo.

Di Pesantren Lirboyo, Saifullah disambut berbagai peragaan beladiri, mulai dari peragaan keterampilan seni bela diri hingga atraksi ekstrem.

Salah satu peragaan paling ekstrim adalah adegan Tumbuk Batu, yakni dua batu seukuran dua kali kepala orang dewasa yang ditumbukkan hingga mengeluarkan suara ledakan. Ledakannya berasal dari bubuk mesiu yang ditempatkan di antara batu itu.

Yang unik pada atraksi ini adalah batu itu diletakkan di atas tubuh seorang pendekar yang sedang tengkurap, kemudian batu lainnya ditumbukkan dari arah atas oleh peserta lainnya. Tumbukan itu mengeluarkan suara yang cukup keras hingga memekakkan telinga.

"Kalau jampi-jampi atau doa untuk macung (mencalonkan jadi) gubernur dan wakil gubernur ada, gak?,"  Saifullah bergurau, yang disambut gemuruh tawa massa.

Kedatangan Saifullah Yusuf juga disambut para pengasuh berbagai pesantren di Kediri. Para kyai itu kemudian memimpin istigasah atau doa bersama.

Pemilihan Gubernur Jawa Timur, yang berlangsung pada 29 Agustus 2013, diikuti empat pasangan calon, yakni Soekarwo-Saifullah Yusuf, Eggi Sudjana-M Sihat, Bambang DH-Said Abdullah, Khofifah Indar Parawansa-Heman S Sumawiredja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com