Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Pranowo Dapat Julukan "Senopati Mbako"

Kompas.com - 19/08/2013, 10:41 WIB
Regina Rukmorini

Penulis

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Tengah terpilih Ganjar Pranowo dijuluki sebagai Senopati Mbako (Senopati Tembakau). Julukan ini diberikan oleh petani tembakau di Kabupaten Temanggung.

Julukan itu bukan tanpa harapan. Warga berharap Ganjar mampu mengangkat kesejahteraan petani dan memajukan pertanian tembakau.

Menanggapi hal ini, Ganjar mengaku tidak paham tentang tembakau. Namun, dia seringkali menjadi tumpahan keluhan para petani tembakau.

"Mudah-mudahan dengan mendengar cerita dari para petani, saya akan belajar lebih banyak dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani tembakau," ujar Ganjar, Senin (19/8/2013).

Sebelumnya diberitakan, Ganjar mengunjungi ribuan warga di Lereng Gunung Sumbing di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Dia menghadiri acara syukuran awal panen tembakau yang diselenggarakan warga.

Ganjar mengatakan, panen yang berlangsung pada bulan Agustus ini diharapkan menjadi pertanda baik bagi petani. "Awal panen yang hanya berselang beberapa hari setelah HUT kemerdekaan RI, semoga juga menjadi penanda bahwa sebentar lagi petani akan merasakan sukaria kemerdekaannya, mendapatkan hasil panen tembakau," ujarnya,

Subakir, petani tembakau sekaligus kepala Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, berharap di musim panen kali ini, Ganjar bisa membantu mendorong pabrik rokok untuk membeli tembakau dengan harga tinggi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com