Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lapas di Kalbar Kelebihan Penghuni

Kompas.com - 18/08/2013, 14:55 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di wilayah Kalimantan Barat kelebihan penghuni. Seluruh lapas dan rutan di Kalbar hanya didesain untuk ditempati 2.415 narapidana dan tahanan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalbar Budi Santoso Rahman menuturkan, data terakhir menunjukkan, terdapat 2.936 penghuni lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di Kalbar.

"Saat ini terjadi kelebihan penghuni sekitar 21,5 persen dari kapasitas ideal," ujar Budi, Minggu (18/8/2013).

Mereka berasal dari 12 lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di Kalbar. Selain lembaga pemasyarakan dan rumah tahanan, Kalbar juga memiliki lembaga pemasyarakatan anak yang berada di Pontianak.

Penghuni lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di Kalbar itu paling banyak tersangkut kasus penyalahgunaan narkoba, mencapai 924 orang.

Kepala Kepolisian Daerah Kalbar Brigjen (Pol) Tugas Dwi Apriyanto pernah menggulirkan wacana agar para korban atau pemakai narkoba yang tersangkut kasus dengan barang bukti kecil lebih dahulu direhabilitasi, tidak langsung diproses hukum.

Pemakai yang mengulangi perbuatannya setelah direhabilitasi, baru akan diproses hukum karena dinilai tidak bisa diajak menghindari penyalahgunaan narkoba secara baik-baik. Langkah ini dinilai akan mengurangi jumlah penghuni lapas dan rutan, terutama dari kasus penyalahgunaan narkoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com