Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Peserta Pingsan, Upacara di Kediri Tetap Khidmat

Kompas.com - 17/08/2013, 12:51 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Meski belasan peserta jatuh pingsan, upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (17/8/2013), berjalan dengan khidmat dan lancar.

Para peserta yang terdiri dari berbagai elemen, seperti pegawai negeri sipil, pramuka, dan pelajar dari level SMP hingga SMA, bergeming meski banyak dari rekan mereka yang jatuh pingsan. Mereka tetap berdiri tegak menjaga upacara agar tetap berjalan sempurna.

Para peserta yang pingsan langsung mendapatkan penanganan. Sudah ada petugas yang bersiaga di belakang tiap barisan peserta. Setiap ada peserta yang jatuh, petugas itu langsung membawanya ke ambulans yang sudah disiapkan tidak jauh dari lokasi upacara.

"Tiap ada yang pingsan, kita lihat dulu KU (kondisi umum)-nya, lalu kita lakukan penanganan medis sesuai kondisinya," kata Gaguk Hariyanto, petugas dari dinas kesehatan yang turut bertugas dalam upacara itu.

Penyebab banyaknya peserta yang pingsan itu, Gaguk menambahkan, dapat terjadi karena faktor kondisi kesehatan peserta yang kurang fit maupun penyebab dari luar, seperti teriknya matahari.

Kharisma, salah seorang peserta upacara, mengaku tiba-tiba merasakan mual seakan mau muntah pada perutnya. Selain mual, juga terasa pusing pada kepalanya. "Padahal, di rumah tadi saya juga sudah sarapan," kata pelajar kelas VIII itu saat ditemui di tenda tempat penanganan medis.

Adapun yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah Komandan Kodim 0809 Letkol infanteri Heriyadi dan pembaca naskah Proklamasi Ketua DPRD Kota Kediri Wara Renny Pramana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com