Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Tionghoa Surabaya Juga Gelar Upacara Bendera

Kompas.com - 17/08/2013, 11:30 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Ratusan pedagang keturunan Tionghoa di Surabaya menggelar upacara bendera memperingati HUT Ke-68 Kemerdekaan Indonesia, Sabtu (17/8/2013). Upacara itu digelar di halaman Pasar Atom, di Jalan Stasiun Kota, Surabaya, Jawa Timur.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Direktur PT Prosam Plano, Didi Woelyadi Simson, selaku pengelola Pasar Atom, Surabaya. ''Ini adalah bukti bahwa meskipun kami dari komunitas Tionghoa, juga memiliki jiwa nasionalisme seperti warga Indonesia pada umumnya,'' kata Didi dalam sambutannya.

Sebagai pelaku ekonomi, dia berharap pemerintah memberi jaminan keamanan dan suasana yang kondusif agar roda perekonomian tetap berjalan normal. ''Tahun ini kami bilang sebagai tahun politik karena banyak berlangsung suksesi politik yang berpotensi memiliki ancaman keamanan dan stabilitas ekonomi,'' tambahnya.

Dalam pelaksanaan upacara bendera yang digelar ke-13 kalinya itu, panitia menyebar sekitar 2.500 undangan bagi pedagang Pasar Atom serta puluhan komunitas Tionghoa di Jawa Timur.

Upacara itu juga dihadiri Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R Ediwan Prabowo dan anggota kepolisian setempat.

Sebagian petugas upacara mengenakan busana khas dari berbagai daerah di Indonesia. Usai upacara, mereka menyuguhkan pertunjukan nyanyian dan tarian khas dari Indonesia maupun Tionghoa sebagai bentuk dua kebudayaan yang rukun menjadi satu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com