Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peduli Mesir, Shalat Gaib di Banda Aceh Diwarnai Isak Tangis

Kompas.com - 16/08/2013, 13:39 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Ratusan warga Aceh yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Mesir (Amapem) melakukan aksi unjuk rasa di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat (16/8/2013). Dalam aksinya, mereka mengecam pembantaian umat Muslim oleh militer di Mesir.

Massa pendemo datang dari berbagai ormas Islam di Banda Aceh dengan membawa bendera negara Mesir, spanduk, dan poster. Mereka juga melakukan orasi secara bergantian.

"Apa yang terjadi sekarang di Mesir, kami melihat adalah sebuah peristiwa bencana kemanusian, luar biasa keji dan sangat memperihatinkan karena ribuan nyawa umat Muslim hilang dalam satu hari dibantai oleh militer," kata Ketua KAMMI Aceh Muhammad Kasim di sela-sela aksi.

Muhammad Kasim mengatakan, Amapem mendesak dunia internasional, khususnya PBB, untuk segera menghentikan pembantaian di Mesir. "Dan untuk Presiden SBY kita meminta untuk segera menarik duta besar Indonesia yang ada di Mesir," kata dia.

Setelah melakukan aksi orasi sekitar dua jam, mereka juga melakukan shalat gaib di atas jalan pusat Kota Banda Aceh. Saat shalat gaib berlangsung, mereka terlihat larut dalam tangisan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com