Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

29 Orang Tewas di Jalur Mudik Jawa Barat

Kompas.com - 12/08/2013, 19:05 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Jawa Barat menyatakan, ada 29 orang pemudik yang tewas akibat kecelakaan saat melintasi Jawa Barat, selama pelaksanaan arus mudik Lebaran 2013 sejak H-6 hingga H+3.

Polda Jabar juga mencatat sebanyak 33 orang luka berat dan 117 orang luka ringan. "Tercatat hingga H+3 ada 113 kecelakaan yang terjadi di jalur mudik Jawa Barat," kata Kepala Bidang Humas Kombes Pol Martinus Sitompul di Bandung, Senin (12/8/2013).

Kendati demikian, angka pemudik yang mengalami kecelakaan pada tahun ini terbilang turun dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, kata Martinus, ada 45 orang korban meninggal dunia, 76 orang luka berat dan 164 orang luka ringan.

"Penurunan dari tahun lalu hingga tahun ini mencapai 45 persen," tegas Martinus.

Diberitakan sebelumnya, Polda Jawa Barat menyatakan, jumlah pemudik menggunakan kendaraan roda dua saat mudik dan balik di tiga jalur lintasan mudik dan balik di Jawa Barat turun, terhitung sejak H-6 hingga H+3 Lebaran kemarin.

"Kalau dilihat dari persentasenya terbilang turun. Untuk arus kendaraan roda dua hingga H+3 kemarin turun hingga delapan persen," kata Martinus.

Berdasarkan data dari Operasi Ketupat Lodaya 2013, jika dibandingkan dengan arus roda dua pada tahun 2012 lalu, jumlah pemudik bersepeda motor hingga H+3 mencapai 4.134.049 unit. Sedangkan pada tahun 2013 berkurang hingga 3.801.687 unit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com