Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FPI Jatim: FPI Lamongan Sudah Tidak Ada

Kompas.com - 12/08/2013, 18:07 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Pengurus DPD Front Pembela Islam (FPI) Jawa Timur membantah keras anggotanya terlibat bentrok dengan warga di Kecamatan Paciran, Minggu (11/8/2013) malam.

Mereka memastikan bahwa di Kabupaten Lamongan sudah tidak ada lagi FPI. Ketua DPD FPI Jatim, Haidar Alhamid, dikonfirmasi tidak mengetahui secara pasti sejak kapan FPI di Lamongan tidak aktif lagi.

''Yang jelas, sejak saya dilantik oleh Ketua Umum FPI, Habib Rizieq Syihab akhir 2010 lalu, bersamaan dengan FPI kabupaten/kota, FPI Lamongan sudah tidak ada,'' katanya, Senin (12/8/2013).

Kata dia, pembekuan FPI Kabupaten Lamongan atas usulan pengurus DPD Jatim ke DPP pusat. Pembekuan itu karena secara prinsip dan visi misi, FPI Lamongan sudah tidak searah lagi dengan FPI Pusat.

''FPI Lamongan berseberangan soal pemahaman terkait relasi negara dan agama dengan kita, karena itu dibekukan,'' tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, dua unit sepeda motor dibakar dan dua rumah dirusak menyusul bentrokan antara massa FPI dan warga di Lamongan. Bentrokan juga mengakibatkan seorang warga setempat terluka.

Polisi menemukan bangkai motor itu di sekitar pantai di Dusun Dengok, Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran.

Bentrokan itu diduga dipicu aksi penganiayaan terhadap seorang istri anggota FPI. Kejadian itu membuat massa FPI melakukan sweeping untuk mencari pelakunya. Aksi sweeping itu tak membuahkan hasil sehingga anggota FPI meluapkan amarahnya dengan melakukan perusakan.

Warga yang tidak terima balas melakukan penyerangan di dusun yang terkenal sebagai sarang FPI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com