Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Gorontalo Normal Kembali

Kompas.com - 09/08/2013, 21:48 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Bandara Jalaluddin Gorontalo akhirnya berfungsi normal kembali pada Jumat (9/8/2013) sore setelah tidak melakukan aktivitas penerbangan sepenuhnya sejak Rabu (7/8/2013).

Kepala Bandara Jalaluddin Gorontalo Agus Pramuka mengatakan pihaknya telah menerbitkan NOTAM (Notice To Airmen) pada Jumat pukul 17.00 Wita.

"Landasan pacu yang diizinkan untuk beroperasi sepanjang 2.250 meter mulai malam ini sampai pukul 21.00 Wita," ujarnya.

Dengan terbitnya NOTAM tersebut, maskapai Garuda Indonesia yang sebelumnya diprotes oleh penumpang akhirnya bisa melakukan penerbangan pukul 20.30 Wita.

Untuk operasional Bandara Jalaluddin pada Sabtu (10/8/2013), kata dia, akan dimulai pukul 05.00 WITA dan dibatasi hanya sampai 18.00 WITA.

Ia mengungkapkan pesawat Lion Air yang tergelincir akibat menabrak sapi, telah dievakuasi ke apron bandara pukul 16.00 WITA.

Proses evakuasi dilaksanakan oleh tim teknis Lion Air, tim dari Bandara Soekarno Hatta, Bandara Jalaluddin, Basarnas, TNI AD, Polri, dan Pemprov Gorontalo.

Sementara itu, pihak Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah menerima data-data pendukung dalam proses investigasi dari Lion Air maupun bandara. "Hasil investigasinya masih menunggu rekomendasi dari KNKT sendiri," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com