Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik, Jalur Sepeda Motor dan Mobil Dipisah di Cileunyi

Kompas.com - 09/08/2013, 17:54 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Untuk menghindari kesemrawutan saat dimulainya arus balik di Cileunyi Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Polres Bandung akan memisahkan jalur antara pemudik yang menggunakan sepeda motor dengan kendaraan roda empat atau lebih.

Arus balik melalui jalur Nagreg dan berujung di tol Cileunyi diprediksi akan dimulai Sabtu (10/9/2013) besok. "Khusus di simpang Cileunyi akan dikanalisasi antara motor dan kendaraan roda empat atau lebih," kata Kapolres Bandung AKBP Kemas Ahmad Yamin saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/8/2013).

Kemas menjelaskan, kanal-kanal tersebut akan memisahkan pemudik pengguna sepeda motor dan pengguna kendaraan roda empat atau lebih. Pemisahan tersebut, kata dia, akan dimulai di putaran ABC sehingga arus kendaraan sepeda motor akan langsung masuk menuju Cibiru.

Dengan demikian, arus kendaraan roda empat atau lebih yang akan memasuki tol Cileunyi tidak akan terhalang. "Panjangnya kurang lebih 2 kilometer sebelum simpang Cileunyi," jelasnya.

Lebih lanjut Kemas menambahkan, arus balik dari arah Nagreg dipastikan menumpuk di simpang Cileunyi. Sebab, pada jalur tersebut juga terdapat tujuh persimpangan jalan lainnya yang dapat menyebabkan kesemrawutan. "Dengan dikanalisasi kita harap crossing-crossing semakin sedikit," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com