Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jusuf Kalla Mudik ke Makassar Pakai Pesawat Komersial

Kompas.com - 07/08/2013, 19:11 WIB
Suhartono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak tak lagi menjadi Wakil Presiden, Jusuf Kalla ternyata membiasakan diri untuk kembali ke kampung halaman di Makassar, bersama keluarga besarnya saat Idul Fitri tiba.

Demikian pula tahun ini, Kalla bersama anak mantu dan cucu-cucunya kembali ke Makassar, sejak Selasa (6/8/2013) sore lalu. "Ya, saya sekarang sudah mudik di Makassar, " ujar Kalla saat dihubungi dari Jakarta, Rabu (7/8/2013).

Kini, Kalla sudah berada di rumahnya, dan bisa bercengkerama bersama anak mantu dan cucunya di halaman belakang rumah yang ditumbuhi pohon mangga.

Menurut Kalla, sebagai anak laki-laki pertama dari 10 bersaudara, dan sebagian besar saudaranya berada di Makassar, maka dia memilih selalu berlebaran bersama di Makassar.

Dulu saat menjadi Wapres, jika tidak ada agenda resmi bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kalla memang selalu menyempatkan diri berlebaran di rumahnya di Jalan Haji Bau, Makassar.

Secara terpisah, menurut staf pribadinya, Suryadi Adam, Ketua Umum PMI Pusat, yang juga dikenal sebagai pengusaha itu terbang menggunakan pesawat komersial, Garuda Indonesia. "Pak Kalla membayar tiket sesuai dengan harga tiket yang dijual menjelang Lebaran," ujar Yadi.

Biasanya, saat di Makassar, selesai shalat id, seluruh keluarga besar almarhum Haji Kalla dan Hajjah Athirah berkumpul di kediaman Jusuf Kalla untuk mengadakan open house bagi warga di sekitar kediamannya.

Jumlah rombongan mudik Ketua Dewan Masjid Indonesia ini, tergolong besar. "Sebanyak 15 orang, termasuk Pak Kalla, naik Garuda, enam orang lainnya naik Citilink, dan beberapa orang keluarganya lagi menggunakan AirAsia," tambah Yadi.

"In Sha Allah, Pak Kalla akan kembali ke Jakarta lagi pada Lebaran kedua, yaitu Jumat (9/8/2013) pagi," papar Yadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com