Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Putus, Mudik Lebaran ke Maluku Tengah Terganggu

Kompas.com - 06/08/2013, 19:29 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Jembatan Wai Mala yang berada di Desa Sanahu, Kecamatan Elpaputi, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (6/8/2013), putus menyusul hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut sejak beberapa pekan terakhir.

Akibat insiden tersebut, arus mudik dari dan menuju Maluku Tengah lumpuh total. Kendaraan roda empat yang melintas di kawasan tersebut terpaksa berbalik arah. Akibat peristiwa itu juga, para penumpang yang hendak mudik ke kampung halaman telantar selama beberapa jam.

Warga setempat, Robi, petang tadi mengatakan, sebagian jembatan tersebut ambruk pada Selasa pagi tadi setelah hujan deras tanpa henti mengguyur kawasan itu. "Sebagian jembatan ambruk. Akibatnya, kendaraan roda empat tidak bisa melewati jembatan itu," kata Robi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah, Bob Rahmat, saat dihubungi Kompas.com Selasa malam, membenarkan adanya peristiwa tersebut. Menurutnya, hingga malam ini, kendaraan roda empat belum bisa melintasi jembatan tersebut.

Bob mengungkapkan, jembatan tersebut saat ini berstatus darurat. Para pemudik yang menggunakan transportasi darat juga belum bisa menyeberangi jembatan itu. "Saat ini, warga masih memperbaiki jembatan tersebut secara darurat. Putusnya jembatan ini juga mengganggu arus mudik," ujar Bob.

Jembatan dengan panjang kurang lebih 30 meter ini, pada Agustus 2012 lalu, sempat putus setelah musibah banjir menerjang hampir sebagian besar daerah di Maluku. Namun, oleh pemerintah setempat, jembatan tersebut tidak diperbaiki secara permanen sehingga jembatan tersebut kembali putus setelah diguyur hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com