Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duel ‘Mana'tika’, Pukau Turis Peserta Sail Komodo

Kompas.com - 06/08/2013, 19:07 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Kedatangan para peserta Sail Komodo 2013 yang berasal dari Eropa, di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, disambut dengan suguhan atraksi tradisional khas TTU yakni Mana’tika.

Mana’tika adalah kesenian adu tendangan yang dilakukan oleh dua orang pria dewasa dengan posisi saling membelakangi. Suguhan unik Mana’tika yang tak pernah ada disaksikan para turis, membuat para turis asing yang berjumlah belasan orang tersebut terpukau dan ikut menikmatinya.

Ketua rombongan peserta Sail Komodo yang berasal dari Jerman, Mark, Selasa (6/8/2013), mengaku kagum dengan budaya tradisional asli TTU, yang menurutnya di dunia ini hanya terdapat di Kabupaten TTU.

“Saya baru pertama kali melihat olahraga adu fisik dengan cara menendang, tapi posisi saling membelakangi. Ini tontonan yang menarik dan menghibur selain itu gerakannya agak sedikit lucu,” kata Mark.

Mark mengatakan Indonesia adalah negara yang besar dan kaya akan budaya serta tradisi yang beragam terutama di pulau Timor. ”Saya baru pertama kali ini datang ke Indonesia. Saya lihat Pulau Timor begitu indah dan warga di sini ramah-ramah dalam menyambut kedatangan kami, apalagi suguhan atraksi-atraksi tradisional yang bagus seperti Manatika,” ujar Mark.

Selain menghibur para turis, Mana'tika juga menghibur warga sekitar, karena duel Mana'tika disajikan pada waktu-waktu tertentu saja. Di Kabupaten TTU, hanya dua kecamatan yang masih memupuk tradisi Mana'tika yakni Kecamatan Bikomi Utara dan Miomafo Timur, yang setiap tahunnya terus menggelar pertandingan Manatika, dalam mengisi kegiatan 17 Agustus.

Mana’tika sendiri adalah suatu olah raga tradisional Atoni Meto di TTU. Sepintas Mana’tika menyerupai Kick Boxing di Thailand, tetapi bedanya, Mana'tika hanya menggunakan kaki saja.

Dari aspek waktu Mana’tika biasanya dilakukan saat pengusungan jenazah ke makam atau bagi kalangan muda Mana’tika digelar pada saat tertentu untuk menguji ketangkasan adu otot. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com