Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Polisi di Ambon Musnahkan Miras

Kompas.com - 06/08/2013, 15:50 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Dua hari menjelang Lebaran, aparat Kepolisian Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease kembali memusnahkan ribuan liter minuman keras (miras) tradisional jenis sopi yang berhasil disita dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Proses pemusnahan ribuan liter miras ini dilakukan di depan Kantor Polres Ambon, Selasa (6/8/2013), dan turut disaksikan Wakapolda Maluku Kombes Ismail Murad, Kapolres Pulau Ambon AKBP Bintang Julianta, serta sejumlah perwira Polres Ambon lainnya.

Sebanyak 2.711 liter miras ini disita polisi di sejumlah kawasan di Ambon dalam operasi pekat yang dilakukan untuk menjaga ketenteraman dan ketertiban selama bulan Ramadhan.

Kasat Resnarkoba Polres Ambon AKP Hendra Haurissa kepada wartawan usai pemusnahan miras mengatakan, pemusnahan miras tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memberantas penyakit sosial di masyarakat, khususnya menjelang Lebaran.

"Seluruhnya berjumlah 2.711 liter. Ribuan liter miras ini disita sejak operasi pekat diberlakukan mulai dari 5 juli 2013 hingga sabtu kemarin," kata Hendra.

Hendra mengakui, sebelumnya, pihaknya juga intens melakukan razia terhadap minuman keras dan telah memusnahkan ribuan liter miras.

Menurut Hendra, razia miras selama ini terus dilakukan karena miras memiliki dampak sangat buruk di masyarakat. "Dari miras ini kan bisa saja muncul perkelahian antarpemuda, kriminalitas, dan berbagai kejahatan lainnya. Jadi, memang kita terus merazia minuman keras ini," ujar Hendra.

Hendra mengungkapkan, pihaknya akan lebih meningkatkan razia nanti saat sehari menjelang Idul Fitri. "Kita akan terus melakukan razia ini dan untuk malam Lebaran nanti itu akan kita tingkatkan," kata Hendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com