Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siang Ini Jalur Pantura Lengang

Kompas.com - 06/08/2013, 15:23 WIB
Andreas Maryoto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pada H-2 atau Selasa (6/8/2013) hingga pukul 13.30 WIB, jalur pantai utara (pantura) Pulau Jawa tampak lengang untuk dua arah.

Kedua jalur dapat dilalui dengan lancar oleh kendaraan. Pintu tol Cikampek, Kabupaten Karawang, dan juga simpang Jomin yang biasanya macet sejak pagi hingga siang tampak lengang.

Pantauan udara Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dan Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso dengan menggunakan helikopter memperlihatkan jalur keluar Jakarta sejak dari Jakarta-Bekasi hingga Pamanukan masih lengang.

KOMPAS/ANDREAS MARYOTO Pantauan udara, kondisi simpang Jomin, Kabupaten Karawang, yang biasanya macet tampak lengang pada pukul 13.30, Selasa (6/8/2013) . Pantauan udara dilakukan wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dengan menggunakan helikopter Basarnas.


Bambang mengatakan, meski sepi, pihaknya belum bisa memberi evaluasi tentang perkembangan arus mudik. Evaluasi baru akan dilakukan bila arus mudik selesai dilaksanakan.

Meskipun demikian, ia memperkirakan puncak arus mudik sudah terjadi pada H-4 dan H-5 atau Sabtu dan Minggu pekan lalu. Ia berharap hingga arus balik nanti jalur-jalur yang ada tidak mengalami kelebihan kapasitas sehingga arus lalu lintas bisa lancar.

Pantauan dari udara juga memperlihatkan SPBU dan juga area untuk istirahat, baik di jalan tol Jakarta-Cikampek maupun jalan raya pantura, tampak sepi.

Bus-bus yang berasal dari timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur) tampak belum kembali ke Jakarta. Bus-bus antarkota memadati jalur tersebut. Beberapa pabrik di kawasan industri juga tampak sepi karena telah meliburkan buruhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com