Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Imigran Gelap Asal Afganistan Diamankan

Kompas.com - 06/08/2013, 11:29 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Polres Tasikmalaya kembali mengamankan 70 imigran gelap asal Afganistan di Pantai Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (6/8/2013) sekitar pukul 04.00 WIB.

Mereka ditangkap saat hendak menaiki beberapa kapal nelayan untuk menyeberang ke Australia.

Wakil Kepala Polres Tasikmalaya Komisaris Nana Sumarna mengatakan, puluhan imigran itu ditangkap setelah petugas polsek setempat mendapatkan informasi adanya warga negara asing berkumpul di sekitar pantai.

Saat kelengkapan dokumen akan diperiksa, mereka sempat akan melarikan diri dengan menaiki beberapa kapal nelayan yang telah siap berangkat ke tengah laut. Namun, para nelayan mengurungkan niatnya untuk melaut karena didatangi petugas.

"Mereka akan pergi menyeberang ke laut menggunakan beberapa kapal nelayan yang siap berangkat. Beruntung mereka bisa diamankan petugas," ungkap Nana kepada Kompas.com di Polres Tasikmalaya, Selasa pagi.

Para imigran tersebut, tambah Nana, adalah 58 pria dewasa, 11 perempuan dewasa, dan seorang anak balita laki-laki berumur 4 tahun. Kini, semua imigran tersebut diamankan di gedung serbaguna Polres Tasikmalaya untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

"Sekarang mereka tinggal dulu di Polres (Tasikmalaya) untuk sementara sampai menunggu pihak imigrasi. Kami juga sedang melakukan pendataan," kata Nana.

Sementara itu, tiga sopir truk pengangkut para imigran ini telah diamankan Satreskrim Polres Tasikmalaya. Sampai sekarang belum ada keterangan resmi dari kepolisian terkait hasil pemeriksaan ketiga sopir tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com