Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Anjing Turut Amankan Malioboro Selama 24 Jam

Kompas.com - 05/08/2013, 16:10 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Malioboro sebagai salah satu ikon Yogyakarta dan destinasi paling diminati pengunjung, selama libur Lebaran akan mendapat pengamanan ekstra. Sebanyak 5 ekor anjing pelacak pun turut dikerahkan untuk menjaga obyek vital yang berada di pusat kota itu.

"Pengamanan akan dilakukan selama 24 jam penuh, guna memberikan rasa aman dan nyaman para pengunjung," terang Kasatgasda Preventif, Operasi Ketupat Progo 2013, Polda DIY, Kombes (Pol) Yulza Sulaiman, Senin (05/08/2013).

Ia mengungkapkan, selain itu, turut diturunkan juga 5 ekor anjing pelacak (K-9) untuk mengamankan wilayah Malioboro. Anjing pelacak tersebut juga akan berjaga selama 24 jam secara bergantian.

"Kami memiliki sembilan (anjing), tetapi secara bergantian tiap hari lima ekor yang keluar," ujarnya.

Ia menjelaskan, lima anjing pelacak yang diterjunkan memiliki kemampuan dalam melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), deteksi sejumlah indikasi pelaku kejahatan seperti pembawa narkotika dan lainnya.

Lebih lanjut Yulza menjelaskan, pengerahan anjing pelacak untuk mengamankan obyek vital seperti perbankan dan pusat keramaian. Namun yang utama menjadi perhatian adalah kawasan Malioboro.

Pengamanan dengan anjing pelacak telah dimulai sejak digelarnya operasi pada Kamis (1/8/2013) lalu. Menurutnya, pengerahan anjing pelacak memang sudah menjadi hal biasa dalam mengantisipasi tindak kriminal.

Secara teknis pelaksanaannya yakni dengan membawa satwa tersebut memakai mobil khusus satwa K-9 milik Polda DIY agar tidak membahayakan atau menakutkan warga.

"Warga yang berlebaran dan mengunjungi Malioboro tidak perlu khawatir, sebab kita siaga selama 24 jam," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com