Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Lereng Merapi Mendapat Bingkisan Lebaran

Kompas.com - 05/08/2013, 02:48 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Material Vulkanik Merapi terus menjadi berkah bagi warga yang tinggal di wilayah Lereng Gunung teraktif dan termuda itu. Sebanyak 125 Kepala Keluarga di Dusun Jambu, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, mendapatkan bingkisan Lebaran dari hasil normalisasi sungai.

"Pemberian bingkisan baru pertama kali ini dilakukan, sebab sebelum-sebelumnya normalisasi sungai di Jambu belum terlalu banyak," terang Pengelola Normalisasi Kali Gendol wilayah Jambu, Sriyono, Minggu (4/8/2013) sore.

Bingkisan yang diberikan mulai 20 Juli lalu berupa sembilan kebutuhan pokok (sembako) dengan kisaran nominal Rp 180 ribu per paketnya dan sejumlah uang yang diberikan secara berangsur. "Total uang yang diberikan kepada warga Rp 145 juta," ujarnya.

Ia menjelaskan per jiwa mendapatkan Rp 450 ribu, warga lanjut usia (lansia) mendapat tambahan Rp 125 ribu. Sementara, untuk mantan ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW), masing-masing mendapat Rp 250 ribu.

Sementara itu Kepala Desa Kepuharjo, Cangkringan, Heri Suprapto mengatakan, kewenangan pengolaan pasir di wilayahnya memang diberikan kepada masing-masing dusun, sesuai kebijakan pemerintah desa.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu sudah diberikan delapan unit sepeda motor yang totalnya senilai Rp 91.786.000 kepada para kepala dusun. Di antaranya dusun Kaliadem, Jambu, Petung, Kopeng, Kepuh, Manggong, dan Pagerjurang.

"Kendaraan dari hasil normalisasi sungai itu, selain untuk menunjang kinerja pemerintahan juga untuk memotivasi para kepala dukuh," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com