Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Ekstrim, 25 Puskesmas Disiapkan di Jalur Mudik

Kompas.com - 03/08/2013, 19:15 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menyikapi perubahan cuaca yang bertepatan dengan mudik lebaran, Dinas Kesehatan Sleman mendirikan 25 Puskesmas yang akan dibuka selama 24 jam.

25 Puskesmas yang disiapkan akan disiagakan di setiap jalur utama maupun alternatif. "Menanggapi gangguan cuaca yang bertepatan dengan arus mudik, kita dirikan 25 puskesmas di jalur utama dan jalur alternatif," kata Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Mafilindati Nuraini, Sabtu (3/8/2013).

Dia mengungkapkan, setiap pemudik yang melintas di wilayah Sleman dan merasa tidak enak badan bisa langsung melakukan pengecekan di puskesmas. Pelayanan akan dilakukan full 24 jam selama masa mudik.

"Jika merasa drop, bisa langsung mengecek kondisi kesehatan di Puskesmas. Tidak hanya untuk pertolongan pertama pada penyakit (P3P), tapi juga pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)," ujar Mafilindati Nuraini.

Mafilindati menyarankan para pemudik tetap memperhatikan kesehatan, terutama dalam masa puasa ini. Cuaca ekstrim juga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh. "Jaga pola makan jangan sampai perut dalam keadaan kosong. Agar daya tahan tubuh kuat, diberi makan cukup dan ditambah multivitamin," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com