Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Operator Wajib Sediakan Kapal Cadangan

Kompas.com - 02/08/2013, 09:20 WIB
Kris R Mada

Penulis


BATAM, KOMPAS.com — Seluruh operator kapal di Kepulauan Riau wajib menyediakan kapal cadangan untuk evakuasi saat kondisi darurat. Mereka juga diberi waktu sepekan untuk menyiapkan alat keselamatan di kapal agar siap pakai selama musim mudik Lebaran 2013.

Kepala Kantor Pelabuhan Batam Hari Setyobudi menuturkan, kapal-kapal patroli Badan SAR Nasional dan instansi pengamanan laut lainnya berkapasitas di bawah 30 orang. Sementara kapal-kapal penumpang berkapasitas minimal 50 orang.

"Jika harus evakuasi dalam kondisi darurat, akan sulit mengandalkan kapal-kapal patroli," ujarnya di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (2/8/2013).

Karena itu, operator harus menyiagakan minimal satu kapal yang akan dipakai untuk evakuasi saat kondisi darurat. Dengan kondisi cuaca dan rute pelayaran, Hari khawatir ada gangguan selama musim mudik.

Hari meminta operator memastikan seluruh alat keselamatan siap sebelum musim mudik. Peringatan itu menyusul temuan ada kapal yang alat keselamatannya belum siap pakai dalam kondisi darurat. Pelampung sulit diambil penumpang; alat pemancar sinyal darurat sulit diaktifkan; dan tidak ada palu pemecah kaca.

Selain itu, awak kapal mengakui tidak pernah menunjukkan cara menggunakan alat-alat keselamatan sebelum kapal berlayar.

"Semua tersedia sesuai peraturan. Tinggal cara penggunaan secara cepat dan tepat dalam kondisi darurat perlu disempurnakan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com