Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Intensifkan Patroli di Kawasan Kos-kosan

Kompas.com - 01/08/2013, 16:57 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Polda DI Yogyakarta akan mengintensifkan patroli di kawasan rumah kos-kosan pada musim libur Lebaran tahun ini. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi aksi pencurian mengingat kekosongan rumah kos yang ditinggal mudik penghuninya.

"Saya sudah perintahkan personel Babinkamtibmas untuk mendata rumah dan tempat kos di setiap wilayah yang ditinggal penghuninya," kata Kapolda DIY Brigjen Pol Haka Astana, Kamis (1/8/2013).

Dia menjelaskan, dari data itu akan terlihat wilayah-wilayah rumah atau tempat kos yang ditinggal mudik. "Patroli akan dilakukan secara intensif di wilayah-wilayah yang berpotensi rawan tindak kejahatan termasuk pencurian," papar Haka Astana.

Haka menegaskan bahwa selama pelaksanaan Operasi Ketupat, semua personel Polda DIY dalam kondisi siaga 1 dan tidak boleh keluar wilayah. Bahkan, Kapolda sekalipun harus tetap siaga.

"Saya sudah perintahkan direktur di setiap direktorat untuk tidak mudik dan tetap harus siaga," tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Sleman AKBP Hery Sutrisman mengatakan, pendataan kos-kosan yang ditinggal penghuni dilakukan jauh-jauh hari karena di wilayah itu terdapat sekitar 50 perguruan tinggi.

Guna mengantisipasi tindak kejahatan dengan memanfaatkan momen mudik, dia memerintahkan setiap petugas dari Polsek untuk meningkatkan patroli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com