Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asap Mengepul di KM Bahuga Pratama, Penumpang Panik

Kompas.com - 31/07/2013, 12:07 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

KALIANDA, KOMPAS.com — Ruang mesin KMP Bahuga Pratama yang hendak bersandar di Pelabuhan Bakauheni, Rabu (31/7/2013), mengeluarkan asap menyusul korsleting di generator mesin turbo.

Penumpang kapal roll on-roll off (roro) itu pun sempat panik. Insiden ini terjadi pada Rabu pukul 05.59 WIB. Ketika itu, kapal milik PT Atosin Lampung Pelayaran yang berlayar dari Merak ini tengah melakukan olah gerak dan hendak sandar di Dermaga I Pelabuhan Bakauheni.

Tiba-tiba, ruang mesin kapal buatan tahun 1993 itu mengepulkan asap. Kejadian ini sempat membuat panik para penumpang. Mereka segera dievakuasi dan berhamburan keluar kapal.

Administrator Pelabuhan Bakauheni Lampung Capt Rahman mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Selanjutnya, agar tak mengganggu lalu lintas pelayaran, kapal ini lalu ditarik ke Dermaga Plesengan untuk diperbaiki.

"Kapal ini sementara waktu tidak berlayar dulu sambil kami melakukan pengecekan dan pemeriksaan kelaikan kapal," ujar Rahman.

Kejadian ini menimbulkan kekhawatiran terkait kesiapan infrastruktur dan armada pelayaran di rute Penyeberangan Merak-Bakauheni. Sebelumnya, akhir pekan lalu, Dermaga V Merak mengalami kerusakan pada fasilitas ramp door (penghubung kapal ke dermaga) sehingga dermaga ini harus ditutup sementara waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com