Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjual Bendera di Garut Tiarap

Kompas.com - 30/07/2013, 17:18 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis


GARUT, KOMPAS.com - Para penjual bendera musiman di Garut, Jawa Barat, memilih tidak berjualan menjelang peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan RI tahun ini. Mereka melewatkan momen Agustusan tahun ini lantaran tidak mau merugi.

Satu-satunya penjual bendera di Kota Garut, Agus Suprianto (38), mengungkapkan omzet penjualan bendera tahun ini diprediksi mengalami penurunan tajam, lantaran berdekatan dengan masa Lebaran.

"Kita jualannya seminggu sebelum Lebaran, otomatis orang prioritas untuk belanja Lebaran. Padahal agustusannya seminggu setelahnya, jadi tidak ada lagi waktu dan uang untuk persiapan agustusan," kata Agus ditemui di simpang empat Kejaksaan, Garut, Selasa.

Pesimis dengan keadaan, Agus yang telah menjadi pedagang bendera musiman selama 8 tahun ini hanya menghabiskan stok dagangan tahun lalu.

"Biasanya saya modal Rp 80 juta sampai Rp 100 jutaan untuk kulakan. Tapi tahun ini nggak berani, cuman ngabisin stok tahun kemarin. Saya jual juga dengan harga tahun kemarin," katanya.

Menurut Agus, yang juga koordinator PKL se-Jalan Cimanuk ini, banyak kawannya yang memilih tak berdagang karena khawatir menanggung kerugian besar.

"Sebagai gambaran, tahun kemarin tiga hari pertama saya sudah ngantongin uang Rp 500.000 sampai Rp 600.000. Sekarang, tiga hari jualan Rp 100.000 saja belum dapat. Makanya, di Jalan Cileduk ini baru saya seorang yang jualan. Bahkan mungkin se-Garut baru saya," kata Agus.

Dari pantauan Kompas.com penjual bendera di Garut memang tidak banyak. Selain di simpang empat Kejaksaan, tempat Agus berjualan. Satu penjual lagi terlihat di Jalan Otista, Garut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com