Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

989 Napi LP Kerobokan Hanya Dijaga 11 Sipir

Kompas.com - 26/07/2013, 20:44 WIB
Kontributor Bali, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan Denpasar, Bali, makin rentan terhadap terjadinya gesekan antarnarapidana karena penghuninya melampaui kapasitas lapas.

Hal itu dikatakan Kepala Lapas Kerobokan yang mengaku hanya bisa menugaskan 11 sipir untuk setiap shift pengamanan untuk menjaga 989 narapidana dan tahanan penghuni lapas tersebut.

"Dengan kekuatan kami yang hanya 11 orang kami tidak bisa berbuat banyak," ujar Kalapas Kerobokan, Gusti Ngurah Wiratna, usai simulasi kerusuhan di Lapas Kerobokan, Jumat (26/7/2013).

Saat ini napi yang menghuni Lapas Kerobokan mencapai 989, padahal fasilitas di Lapas Kerobokan hanya mampu menampung 323 napi.

Untuk mengantisipasi kerusuhan massal kembali pecah seperti Februari 2012 lalu, pihak Lapas Kerobokan terus berkoordinasi dengan Polres Badung untuk mendukung pengamanan dengan cara patroli rutin dan penempatan personel di Lapas.

"Jika terjadi sesuatu kita cepet kontak, yang diutamakan penyelamatan nyawa dan dokumen-dokumen yang ada," jelas Wiratna.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi pecahnya kerusuhan, siang tadi pihak Lapas Kerobokan bersama Polres Badung dan Kodim menggelar simulasi bersama. Dalam simulasi ini diskenariokan terjadi kerusuhan yang mirip dengan peristiwa Februari tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com