Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Korban Bencana di TTU Hanya Rp 150 Juta

Kompas.com - 26/07/2013, 18:43 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis


KEFAMENANU, KOMPAS.com
 — Alokasi dana untuk korban bencana di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk tahun 2013 hanya Rp 150 juta. Hal itu dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTU Yohanes Bani.

“Total anggaran untuk BPBD TTU tahun 2013 sebesar Rp 700-an juta, dan dari dana tersebut Rp 150 juta untuk korban bencana. Dana ini sangat terbatas untuk melakukan penanganan bencana sepanjang tahun 2013 ini,” beber Bani, dalam acara sosialisasi Peraturan Perundang-undangan terkait bencana di Aula kantor Darma Wanita Kefamenanu, Jumat (26/7/2013).

Bani mengatakan, untuk wilayah TTU memang rawan bencana, seperti banjir, longsor, dan angin puting beliung, sehingga seharusnya ada dana penanggulangan yang tersedia dan mudah digunakan bila terjadi bencana.

“Selain itu memang ada dana untuk darurat yang bisa digunakan, tapi harus mendapatkan persetujuan dari Bupati dan pimpinan DPRD sehingga membutuhkan waktu untuk mendapatkan persetujuan tersebut, sementara korban membutuhkan penanganan yang cepat,” jelas Bani.

Meskipun ada keterbatasan dana lanjut Bani, pihaknya tetap berupaya maksimal menjalankan tugas terutama yang berkaitan dengan bencana alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com