Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Tasikmalaya Tutup Jalan Provinsi

Kompas.com - 25/07/2013, 21:39 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Cuaca buruk yang melanda wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat, bukan hanya menyebabkan banjir bandang, tapi juga tanah longsor di beberapa titik.

Salah satunya adalah longsor di Kecamatan Puspahiang, Rabu (24/7/2013) malam yang sempat menutup akses jalan Garut-Tasikmalaya, sebagai salah satu jalan provinsi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Kundang Sodikin mengatakan, terdapat dua titik longsor di Puspahiang dan Jalan Warungpeuteuy yang menutup total badan jalan. "Ketinggiannya sampai menutup jalan," kata Kundang.

Menurut Kundang, longsor tanah tebing setinggi 15 meter dan panjang 10 meter itu terjadi saat hujan deras dan menimbun badan jalan aspal. Bahkan, kendaraan roda dua dan empat tidak bisa melintas jalan tersebut.

Akses jalan kembali normal setelah masyarakat dibantu petugas Polri dan TNI membersihkan material tanah yang menghalangi jalan, Kamis (25/7/2013) siang tadi. "Akses jalan sudah kembali normal tadi jam 1 siang setelah warga dan TNI gotong royong menyingkirkan longsoran tanah dari badan jalan," katanya.

Berdasarkan catatan BPBD, sejumlah jalan raya di Kabupaten Tasikmalaya terdapat beberapa titik rawan terjadi longsor pada musim hujan. Pihaknya mengimbau kepada seluruh warga yang dekat dengan lokasi rawan longsor untuk waspada, karena cuaca buruk diprediksi masih akan terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com