Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Truk Angkut Potongan Garuda Wisnu Kencana Tahap Pertama

Kompas.com - 24/07/2013, 13:20 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Sebanyak 13 unit truk digunakan untuk mengangkut 13 potongan atau modul pertama patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) menuju Bukit Ungasan, Bali.

Menurut Projek Manager GWK, Djuki Ridwan, pengiriman potongan rangka dan kulit tahap pertama ini akan dilakukan selama dua hari. "Hari ini lima truk dulu," kata Djuki saat ditemui di Workshop Studio Nyoman Nuarta Jalan Setra Duta Raya, Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Rabu (24/7/2013).

Akibat bentuk tiap modul yang tidak rata, dalam satu bak truk hanya mampu menampung satu buah modul berukuran sekitar 4 x 4 meter. "Mudah-mudahan tanggal 28 sudah sampai di Bali," ucapnya.

Diakui Djuki, ada beberapa kendala dalam proses pengiriman modul-modul tersebut. Salah satunya, kata dia, adalah masalah ketinggian potongan patung tersebut yang melebihi bak pengangkut.

"Yang kami khawatirkan adalah ketinggian di pintu kapal saat penyeberangan. Kalau tidak bisa masuk ke dalam kapal, mau tidak mau kita pakai ponton," paparnya.

Sementara itu, seniman dan desainer GWK I Nyoman Nuarta menambahkan, bagian yang dikirim hari ini bagian patung yang nantinya akan membentuk kaki garuda. Nuarta berharap, potongan-potongan lainnya bisa cepat selesai. "Rencananya setiap dua bulan kita adakan pengiriman," jelasnya.

"Untuk para sopir saya minta selalu berdoa dan berhati-hati agar semuanya selamat sampai tujuan," kata Nuarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com