Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Gurem Siapkan 35 Saksi Kawal Soekarwo-Syaifullah

Kompas.com - 24/07/2013, 12:36 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Kelompok partai gurem yang tergabung dalam Asosiasi Partai Non Parlemen (APNP) Jawa Timur menjanjikan 35.000 relawan saksi untuk mengawasi proses pencoblosan hingga penghitungan suara di hari pemungutan suara Pilgub Jatim, 29 Agustus nanti.

Pengawalan dilakukan untuk pasangan cagub-cawagub Jatim, Soekarwo-Saifullah Yusuf. Para relawan itu, kata Ketua APNP Jatim Jailani akan disebar ke seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tempat pemungutan suara.

"Kami akan kawal suara Soekarwo-Saifullah Yusuf dari TPS sampai ke kecamatan, bahkan kalau perlu sampai ke kantor KPU Jatim," katanya, Rabu (24/7/2013).

APNP akan sepenuhnya mendukung pasangan petahana itu. Menurut Jailani, hal itu dilakukan karena bagi APNP, pasangan petahana tersebut memiliki dedikasi serta misi yang jelas dan terarah untuk membangun Jawa Timur.

"Lima tahun lalu sudah terbukti, lima tahun ke depan tinggal meneruskan saja," tambah Jailani.

APNP yang terdiri dari 22 partai gurem yakni PDK, Partai Merdeka, PDP, PPNUI, PNI Marhanisme, PBB, PKPI, PK, Partai Buruh, PPPI, Partai Pelopor, Patriot, PSI, PKPI, PPN, Republika, PNBK, PPRN, PIB, Barnas, Partai Pemuda Indonesia, dan PIS masuk dalam barisan pendukung Soekarwo Saifullah Yusuf bersama sebagian besar partai parlemen, yakni PKS, PPP, PAN, Demokrat, Golkar, PDS, Hanura, Gerindra, PKNU, PBR, dan PDS.

Di tengah jalan, dua partai anggota APNP yakni PPNUI dan PK terdeteksi KPU Jatim juga mendukung pasangan lain, Khofifah Indar Parawansah-Herman Surjadi Sumawiredja. Polemik dukungan ganda itu berakhir dengan pencoretan pasangan Khofifah-Herman dalam pleno yang berakhir voting komisioner KPU Jatim pertengahan Juli lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com