Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merapi Embuskan Asap, Beberapa Daerah Hujan Abu

Kompas.com - 22/07/2013, 10:20 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Gunung Merapi kembali mengeluarkan embusan asap berwarna coklat kehitaman setinggi sekitar 1.000 meter. Akibatnya, beberapa daerah di wilayah Sleman, Klaten, dan Muntilan, mengalami hujan abu.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, embusan pada Senin (22/7/2013) terjadi sekitar pukul 04.22 WIB hingga 05.35 WIB.

"Ketinggian mencapai 1.000 meter dari puncak Merapi teramati dari Pos Selo, Boyolali," terangnya, Senin (22/7/2013).

Lebih lanjut, ia memaparkan, hujan abu dan pasir halus terjadi di wilayah Deles, Tlogowatu, Kemalang, Balerante, dan Klaten di Jawa Tengah. Hujan abu juga terjadi di sekitar Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, Srunen di daerah Cangkringan, Kaliurang, dan Sleman, Yogyakarta.

"Hujan abu mencapai 7-14 km dari puncak Merapi ke arah Kabupaten Klaten dan Sleman," paparnya.

Ia menegaskan, meski telah terjadi embusan disertai guguran, Kepala BPPTKG dan PVMBG menyatakan bahwa status Gunung Merapi masih normal.

"Aktivitas Merapi akan dievaluasi apakah aktivitas akan berlanjut ke erupsi magmatik atau tidak. Pengamatan juga akan terus diintensifkan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com