Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekonsiliasi Syiah dan Non-Syiah Sampang Dimulai

Kompas.com - 22/07/2013, 03:11 WIB
Harry Susilo

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Forum rekonsiliasi untuk penyelesaian konflik bernuansa agama di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mulai digelar, Minggu (21/7/2013). Semua kalangan menginginkan jalan perdamaian antara warga Syiah dan non-Syiah segera dirintis.

"Semua pihak (Syiah dan non-Syiah) sebenarnya sama-sama menginginkan perdamaian. Sudah ada titik temu, itulah yang perlu kita perkuat," ujar Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya Abd A’la seusai pertemuan. A’la merupakan ketua forum tersebut.

Forum rekonsiliasi yang diadakan di Kampus IAIN Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur, ini diikuti oleh perwakilan dari Nadhlatul Ulama, Muhammadiyah, Ahlulbait Indonesia (ABI) Jatim, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jatim Sudja, Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Jatim Edy Purwinarto, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim Abdus Shomad Al Bukhori, tokoh agama, dan pengungsi Syiah.     

Menurut A’la, forum ini masih melakukan kajian terhadap berbagai pendapat yang diungkapkan para kalangan dan tokoh agama demi penyelesaian konflik. Forum akan diadakan bertahap, termasuk mempertemukan warga Syiah dan non-Syiah.     

Sementara itu, Sudja mengatakan bahwa forum rekonsiliasi ini merupakan tahapan lanjutan setelah pengungsi Syiah dipindahkan sementara ke Rumah Susun Puspa Agro Sidoarjo, Jawa Timur. Rekomendasi yang muncul dalam forum rekonsiliasi ini nantinya akan disampaikan kepada Gubernur Jatim, Menteri Agama Suryadharma Ali, dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com