Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Tinggalkan Lapak demi Melihat Reka Ulang Pembunuhan

Kompas.com - 16/07/2013, 15:24 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Beberapa pedagang Pasar Gowok, Caturtunggal, Depok, Sleman, rela meninggalkan barang dagangannya demi menyaksikan jalannya rekonstruksi pembunuhan Nanda Amalia Setyowati(15), warga Grogol, Purwomartani, Kalasan, Sleman, di TK Tunas Wisata, Ambarukmo.

Sejak pagi hari sekitar pukul 08.30 WIB, ratusan warga sudah mulai berdatangan di lokasi. Tua, muda, dan bahkan anak-anak rela berdesak-desakan untuk dapat menyaksikan jalannya rekonstruksi. Turut bergabung pula bersama ratusan warga, para pedagang Pasar Gowok yang lapaknya berjarak lebih kurang 25 meter dari lokasi rekonstruksi.

"Bakul-bakul pada lari ke sini semua, pedagang ayam juga ke sini, sampai ayamnya ditinggal," ujar Paiman, salah satu pedagang, Selasa (16/7/2013).

Paiman mengaku meninggalkan dagangannya karena penasaran dengan tindakan keji yang dilakukan oleh para pelaku yang usianya masih terbilang belia tersebut.

"Mereka masih anak-anak kok tega-teganya melakukan tindakan seperti itu, besarnya mau jadi apa terusan," ucapnya.

Sekitar pukul 10.00 WIB, tim dari Reskrim Polres Sleman bersama dengan para tersangka dan saksi tiba di lokasi. Selama jalanya rekonstruksi, beberapa warga sempat meneriaki wartawan ataupun petugas yang menutupi pandangan mereka.

"Woi, geser Mas...kita juga ingin menyaksikan," teriak salah satu warga.

Setelah empat jam melakukan rekontruksi, sekitar pukul 13.30 WIB, seluruh adegan yang diperagakan oleh para pelaku dan saksi selesai. Para pelaku lantas dibawa kembali ke Polres Sleman guna diperiksa lebih lanjut.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pada Senin (8/7/2013) sekitar pukul 07.50 WIB, sesosok mayat perempuan ditemukan tergeletak bersimpah darah di depan Sekolah Taman Kanak-kanak ( TK) Tunas Wisata, Ambarukmo, Caturtunggal, Depok, Sleman. Diduga perempuan tanpa identitas tersebut merupakan korban pembunuhan. Pasalnya, ditemukan dua bekas tusukan senjata tajam di tubuh korban.

Belakangan korban diketahui bernama Nanda Amalia Setyowati(15), warga Grogol, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Dari hasil penyelidikan, polisi akhirnya berhasil membekuk tiga remaja yang telah ditetapkan sebagai tersangka yakni SS (15), DG (14), dan YS (17). Ketiganya merupakan warga Dusun Papringan, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok.

Selain ketiga remaja tersebut, polisi juga mengamankan AS (13), warga Papringan dan seorang remaja putri berinisial EP (13), warga Gowok yang saat ini berstatus saksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com