Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Malang Siapkan Rp 4 Triliun untuk Penukaran Uang Lebaran

Kompas.com - 16/07/2013, 11:37 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com — Untuk melayani penukaran uang menjelang Lebaran, Bank Indonesia kantor perwakilan Malang, Jawa Timur, menyiapkan uang tunai Rp 4,09 triliun. Uang pecahan baru juga sudah disiapkan.
 
Kepala Bank Indonesia Perwakilan Malang Dudi Herawadi, Selasa (16/7/2013), mengatakan, uang Rp 4,09 triliun lebih itu terdiri dari komposisi pecahan besar atau Rp 20.000 ke atas sebanyak Rp 3,93 triliun, dan uang pecahan kecil di bawah Rp 10.000 sebesar Rp 165,81 miliar.
 
"Kami menyiapkan modal mencapai Rp 4 triliun lebih itu dengan mempertimbangkan realisasi outflow tiga tahun terakhir yang rata-rata sebesar Rp 1 triliun," jelas Dudi.
 
Untuk menyukseskan pelayanan terbaik dalam proses penukaran uang, kata Dudi, pihak BI Malang sudah bekerja sama dengan sembilan bank lain, yakni 27 bank umum dan 12 BPR yang mencakup seluruh wilayah kerja BI Malang, yakni Kota dan Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota/Kabupaten Probolinggo, Kota/Kabupaten Pasuruan, dan Lumajang.

Dudi mengatakan, masyarakat yang akan menukar uang cukup mendatangi outlet yang sudah disediakan bank tanpa dipungut biaya.

"Saya hanya mengimbau pada masyarakat tidak mensyaratkan penukar harus mempunyai buku tabungan bank yang bersangkutan. Masyarakat umum juga harus dilayani dengan baik," imbau Dudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com