Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kacang Hijau Mulai Langka di Ambon

Kompas.com - 13/07/2013, 15:16 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Kacang hijau yang menjadi salah satu kebutuhan masyarakat, kini sulit ditemukan di Ambon. Menghilangnya salah satu komoditas yang memiliki nilai gizi tinggi ini rupanya karena stok kacang hijau di sejumlah agen habis alias kosong.

Pantauan Kompas.com di pasar Mardika, salah satu pasar tradisional terbesar di Kota Ambon, Sabtu (12/7/2013) siang kelangkaan stok kacang hijau hampir terjadi di seluruh pedagang sembako. Para pedagang mengaku saat ini kacang hijau sangat sulit ditemukan lantaran tidak ada stok di tingkat agen. Di beberapa toko memang masih terlihat kacang hijau yang masih dijual, namun menurut pedagang itu merupakan stok sisa yang didapat dari agen beberapa pekan lalu.

“Sudah beberapa hari ini memang tidak ada barang yang masuk dari Pulau Jawa, makanya di agen juga tidak ada barangnya,” kata La Azis, salah satu pedagang di pasar Mardika.

Belum diketahui pasti penyebab menghilangnya kacang hijau di pasar di Ambon. Mereka mengatakan, kacang hijau selama ini disuplai dari Pulau Jawa. Sejumlah pedagang juga mengaku kelangkaan kacang hijau juga dipicu oleh kenaikan harga BBM yang berakibat naiknya harga kacang hijau.

“Selama ini kan kacang hijau didatangkan dari Pulau Jawa, nah saat kenaikan harga BBM itu suplai kacang hijau mulai terganggu. Kita sering ke agen tapi jawab mereka masih kosong, alasannya masalah transportasi dan sebagainya,” tutur Budi, pedagang lainnya.

Pantauan di pasar Mardika, harga kacang hijau dijual pedagang Rp 20.000 per kilogram, naik Rp 7.000 dari harga sebelumnya, Rp 13.000 per kilogram. Sementara untuk 1 karung kacang hijau dijual Rp 450.000 atau naik dari harga sebelumnya Rp 350.000.

Warga meminta agar pemerintah dapat mengatasi masalah kelangkaan kacang hijau agar tidak terjadi terus-menerus di Ambon.

"Saya ini penjual roti yang selalu membutuhkan kacang hijau, saya sudah cari kemana-mana tapi kacang hijau memang lagi langkah. Makanya kami berharap pemerintah juga bisa membantu kami agar ketersediaan kacang hijau dapat tetap terjaga dengan baik,” harap Mery Luturmas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com