Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Massa Pemuda Pancasila Demo KPU Jatim

Kompas.com - 12/07/2013, 11:12 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Jelang akhir pleno penetapan pasangan cagub-cawagub Jatim, kantor KPU kerap menjadi sasaran aksi massa. Jumat (12/7/2013), giliran ratusan massa Ormas Pemuda Pancasila Jawa Timur menyerbu kantor KPU Jatim di Jalan Raya Tenggilis Surabaya.

Mereka mendesak komisioner KPU segera menetapkan pasangan cagub-cawagub Jatim peserta Pilgub Agustus nanti. Aksi tersebut adalah kali ketiga yang dilakukan ormas di bawah kendali Partai Patriot itu sejak tiga hari terakhir.

''KPU harus tegas menolak pasangan cagub-cawagub yang tidak memenuhi persyaratan dukungan partai,'' kata korlap aksi Amrullah.

Dia juga mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat dan kelompok tertentu untuk tidak mengintervensi kebijakan KPU Jatim dalam menentukan pasangan peserta Pilgub Jatim.

''Biarlah KPU menentukan pilihannya sesuai aturan, dan jangan ada yang mempengaruhi netralitas dan independensinya,'' tambah Amrullah.

Massa Pemuda Pancasila berjanji akan menurunkan jumlah massa yang lebih banyak, dan akan terus melakukan aksi untuk mengawal proses pleno KPU Jatim hingga 14 Juli nanti.

Kamis (11/7/2013) sore kemarin, ratusan massa pendukung Khofifah juga menggelar aksi dengan kepentingan yang berbeda. Selain menggelar orasi, mereka juga sempat takjil, dan menggelar tenda sebagai bentuk keprihatinan karena KPU Jatim dinilai sudah tidak independen lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com