Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Jatim Siapkan Rp 11,9 Triliun untuk Penukaran Uang

Kompas.com - 11/07/2013, 18:17 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah (KPBI) Wilayah IV Jatim menyiapkan Rp 11,9 triliun pecahan uang kecil dan besar untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang di masyarakat saat Lebaran tahun ini.

Pecahan uang kecil (Rp 10.000 ke bawah), kata Deputi Kepala Perwakilan KPBI Wilayah IV Jatim, Hamid Ponco Wibowo senilai Rp 1,6 triliun, sementara pecahan uang besar (Rp 20.000 ke atas) senilai Rp 10,3 triliun.

"Pecahan uang itu disebarkan ke empat KPBI Wilayah IV, di antaranya, Surabaya, Malang, Jember dan Kediri," katanya, Kamis (11/7/2013).

Untuk memudahkan penyalurannya kepada masyarakat, BI menggandeng bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Melalui dua lembaga keuangan itu, kata Hamid, maka keaslian uang akan terjamin.

“Kegiatan penukaran uang dilakukan sejak 9 Juli hingga menjelang Lebaran. Harinya mulai Selasa, Rabu dan Kamis,” tambahnya.

Dari pecahan uang sebanyak Rp 11,9 triliun tersebut, hampir 57,9 persen dialokasikan untuk wilayah Surabaya. Sisanya sebesar 11,7 persen untuk wilayah Jember, 10,9 persen untuk wilayah Malang dan wilayah Kediri sebesar 22,9 persen.

Besaran alokasi uang pecahan ini menyesuaikan dengan jumlah penduduk dan juga tingkat pertumbuhan ekonomi wilayah.

Untuk kebutuhan uang pecahan bagi masyarakat di wilayah kepulauan seperti Madura dan Bawean, BI akan menambah jadwal layanan kas keliling selama Ramadhan hingga menjelang Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com