Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Rumah di Kendari Tertimpa Longsor

Kompas.com - 11/07/2013, 14:49 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis


KENDARI, KOMPAS.com - Curah hujan yang tinggi selama sepekan mengakibatkan dua rumah warga di Kelurahan Kampung Salo, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, tertimpa longsor.

Ismail, salah seorang warga sekitar kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Nipa-nipa Kendari khawatir akan bahaya longsor susulan. Sebab, sebagian rumah yang ditempati bersama keluarga tertimbun longsoran sejak kemarin sore.

"Rumah saya kena longsor mulai kemarin pas mendekati waktu buka puasa, lalu semalam sebelum sahur longsor lagi dan menimpa dapurku," tutur Ismail saat membersihkan material tanah akibat longsor di sekitar rumahnya, Kamis (11/7/2013).

Hal yang sama juga dijelaskan Ros, salah seorang warga Kelurahan Kampung Salo, Kendari. Menurutnya, peristiwa itu terjadi akibat hujan deras dalam sepekan terakhir.

“Dapurku kena timbunan tanah yang jatuh dari atas gunung sejak tengah malam. Kami sekeluarga terpaksa menumpang di rumah tetangga dulu, tetapi saya masih waspada, karena sepertinya longsoran masih akan terjadi,” terangnya.

Kekhawatiran waga Kampung Salo akan longsor susulan cukup beralasan. Sebab, hingga kini hujan masih terus melanda Kota Kendari.

Sementara itu, salah seorang aktivis pemuda di Kelurahan Kampung Salo, La Ode Muhammad Ashar mengatakan, wilayah itu sering menjadi langganan banjir dan longsor setiap hujan deras.

“Memang rawan banjir dan longsor di sini. Apalagi hujan terus menerus seperti saat ini, saya khawatir longsoran bakal menimpa puluhan rumah warga di bawah Tahura Nipa-nipa,” ungkapnya ditemui di lokasi longsor, Kamis (11/7/2013).

Hingga kini, pantauan di lokasi longsoran belum satupun aparat pemerintah setempat yang turun memantau kejadian tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com