Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Lebaran, BI Jabar Buka Penukaran Uang Terpadu

Kompas.com - 11/07/2013, 14:11 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 Hijriah, Bank Indonesia (BI) resmi membuka penukaran uang terpadu untuk masyarakat di Jawa Barat, khususnya masyarakat di Bandung, Kamis (11/7/2013). Pembukaan penukaran uang terpadu resmi dilakukan di Lapangan Gazibu, Bandung, Jawa Barat.

 "Mulai sekarang penukaran uang tunai sudah bisa dilakukan," kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI, Nita Yosita di Bandung, Kamis. Acara pembukaan tempat penukaran uang ini dihadiri Kepala Biro Administrasi Perekonomian Provinsi Jawa Barat HM Taufik Budi serta jajaran BI wilayah Jabar.

Dalam layanan penukaran uang ini, BI Jabar bekerjasama dengan 10 bank, yakni Bank Jabar Banten (BJB), Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, BCA, CIMB Niaga, Bank Danamon, Bank OCBC NISP, dan Bank Nusantara Parahyangan.

"Kita sudah kerjasama dengan 10 bank tersebut. Jadi penukaran uang bisa dilakukan di bank - bank tersebut. BI tidak melayani lagi penukaran uang di loket BI," kata Nita.
 
Khusus untuk di Bandung, lanjut Nita, layanan penukaran uang terpadu dilaksanakan di Gazibu dan dibuka pada pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB setiap hari Selasa dan Kamis.
 
Selain itu, BI juga menyediakan layanan kas keliling di dalam dan di luar kota, termasuk di daerah terpencil. Kemudian ketika mendekati hari H Lebaran, layanan penukaran uang akan dilakukan di rest area Tol Cilenyi mulai 5 agustus 2013. Hal ini sekaligus memudahkan mereka yang sedang mudik jika ingin menukarkan uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com