Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Riau Serahkan Oknum TNI AU Pengedar Narkoba

Kompas.com - 09/07/2013, 22:31 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com — Kepala Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Kombes Pol Adang Ginanjar menyerahkan pemeriksaan seorang oknum TNI Angkatan Udara yang diduga pengedar narkoba ke internal institusi terkait.

"Bagaimana proses di internal TNI, itu menjadi kewenangan mereka dan kami hanya memeriksa yang bersangkutan ketika dibutuhkan," katanya di Pekanbaru, Selasa (9/7/2013).
    
Sebelumnya, Sabtu (6/7/2013), Kepolisian Resor Kota Pekanbaru menggerebek 12 rumah di kawasan Kampung Dalam, Kecamatan Senapelan, dan menetapkan sebanyak dua tersangka, yakni FR dan HR, dari rumah yang berbeda.

Tersangka HR adalah oknum aparat TNI Angkatan Udara berpangkat sersan satu. Dari tangan HR dan FR, aparat juga menyita barang bukti berupa 14 butir pil ekstasi dan lima paket sabu-sabu.

Aparat berwajib juga mengamankan dua pucuk senjata api jenis airsoft gun, satu senjata laras panjang, satu botol minuman keras, alat isap sabu-sabu, sebilah samurai, serta satu unit sepeda motor milik pelaku.

Dari informasi kepolisian menyebutkan, kawasan Kampung Dalam yang terletak di tepian Sungai Siak diindikasi sebagai "sarang" peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba).
    
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Adang Ginanjar mengatakan, awalnya petugas mendapat informasi adanya transaksi jual beli sabu-sabu seberat satu kilogram di kawasan Kampung Dalam.

"Namun, dalam gelar operasi yang dilakukan, ternyata anggota hanya berhasil mengamankan beberapa butir pil ekstasi dan beberapa paket kecil sabu-sabu. Namun, itu sudah cukup untuk menjerat kedua pelaku," katanya.
    
Sebelumnya, Badan Narkotika Nasional setempat juga menangkap seorang gembong pengedar narkotika beserta lima kurir dengan dua di antaranya juga merupakan oknum anggota TNI Angkatan Udara Pangkalan Udara Roemin Nurjadin.

Bersama sejumlah tersangka itu, BNN menyita alat bukti berupa sekitar 400 butir pil ekstasi dan hampir satu kilogram sabu-sabu.

Ketua Tim Penindakan dari BNN Kombes Selamet Pribadi di Pekanbaru mengatakan, satu gembong narkotika tersebut adalah KS, warga Jalan Sekuntum, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru.

"Sebelum penangkapan terhadap KS, petugas terlebih dahulu secara tidak sengaja menangkap dua oknum anggota TNI AU berinisial BW dan RY serta seorang warga sipil berinisial JC," katanya.

Ketiga orang pengedar yang diduga sebagai "kaki tangan" dari KS tersebut, ujar Selamet, ditangkap pada lokasi dan jam yang berbeda, masih dalam satu kawasan di Kota.

"Baru kemudian menyusul ditangkap dua kurir narkoba lainnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com