Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harimau Diusir, 5 Pencari Kayu Diselamatkan

Kompas.com - 09/07/2013, 09:42 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Tim penolong berhasil mengevakuasi lima pencari kayu yang terperangkap di atas pohon karena dikepung sejumlah harimau Sumatera di Taman Nasional Gunung Leuser di Tamiang, Aceh.

Menurut Lettu Surya Purba, Senin (8/7/2013), tiga pawang berhasil mengusir harimau-harimau itu sebelum  menolong kelima pria yang ketakutan itu. Saat diturunkan, kondisi mereka sudah lemah karena mengalami dehidrasi. Mereka berlindung di pohon itu sejak Kamis (4/7/2013).

Menurut kepala polisi setempat, Dicky Sondani, enam pria mencari kayu alim, sejenis kayu langka bahan pembuat parfum, di taman nasional tersebut. Mereka juga memasang perangkap untuk rusa. Namun perangkap itu justru mengenai anak harimau yang kemudian tewas.

Kejadian itu memicu kemarahan sekelompok harimau yang berada di kawasan itu, kata Sonandi mengutip laporan warga desa yang menerima pesan singkat dari para pencari kayu itu. Salah seorang dari keenam orang itu tewas diserang harimau, sementara lima lainnya berhasil memanjat pohon.

Tim penolong yang antara lain terdiri dari anggota TNI dan polisi berangkat ke lokasi pada Sabtu (6/7/2013). Sebelumnya sejumlah warga desa berniat menolong, namun mereka akhirnya menjauh karena takut melihat harimau-harimau itu.

Diperlukan waktu tiga hari bagi tim evakuasi untuk mencapai area hutan yang sangat lebat itu, terang Sondani. Mereka mengkhawatirkan kondisi kelima orang yang terperangkap itu karena kurangnya persediaan makanan.

"Saya menerima laporan dari tim penyelamat bahwa mereka berhasil mengevakuasi para pencari kayu setelah para pawang mengusir harimau-harimau itu," kata Lettu Surya Purba.

"Kondisi mereka lemah," lanjut Purba, seraya menambahkan bahwa kelima orang itu bertahan hidup dengan meminum air hujan.

Purba menjelaskan, pencari kayu yang tewas itu diketahui bernama David dan berusia 28 tahun. Sebenarnya, kata Purba, David berhasil naik ke pohon, tetapi dahan yang dipijaknya patah sehingga dia jatuh dan menjadi santapan harimau.

Awalnya ada tujuh harimau yang menunggui mereka di bawah pohon, tetapi empat di antaranya kemudian pergi sebelum tim penolong tiba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com