Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eggi Sudjana Lolos Persyaratan Dukungan Pilgub Jatim

Kompas.com - 08/07/2013, 15:04 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Pasangan calon gubernur Jawa Timur dari jalur Independen, Eggi Sudjana-Muhammad Sihat, dinyatakan lolos verifikasi dukungan KTP oleh Komisi Pemilihan Umum Jatim.

Pasangan jalur independen pertama di Jatim ini berhasil mengumpulkan 1.141.641 dukungan KTP, atau tiga persen lebih dari total warga Jatim.

''Sebenarnya syarat minimal dukungan calon perseorang sebanyak 1.118.097 dukungan KTP, tapi dukungan yang sah yang diberikan sebanyak 1.141.641 KTP, lebih 23.544 KTP,'' kata komisioner KPU Jatim kata Agus Mahfud Fauzi, Senin (8/7/2013).

Meski memiliki dukungan yang lebih dari yang disyaratkan, pasangan ini belum dinyatakan lolos sepenuhnya untuk mengikuti Pilgub Jatim bulan depan. ''Kami masih menunggu hasil tes kesehatan dan tes psikologi dari tim dokter sebagai syarat yang harus dipenuhi,'' terangnya.

Pasangan Eggi-Sihat melakukan dua kali pengumpulan dukungan KTP ke KPU Jatim. Pada penyerahan pertama, dari 1,1 juta kopi KTP yang diserahkan, hanya 850.000 yang dinyatakan tidak penuhi syarat.

Sesuai aturan, pasangan ini pun harus menyerahkan dua kali lipat jumlah dukungan yang tidak sah jika masih ingin maju dalam Pilgub Jatim. Pasangan ini pun memenuhi syarat KPU Jatim.

Pada penyerahan kedua, Eggi-Sihat kembali mengumpulkan 2 juta dukungan copy KTP. Setelah diverifikasi, dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 901.731 dan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 920.821.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com