Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, Makam Prabu Kian Santang Ramai Peziarah

Kompas.com - 05/07/2013, 19:02 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis


GARUT, KOMPAS.com
 — Salah satu tradisi umat Muslim di Indonesia menjelang bulan Ramadhan adalah berziarah. Baik ziarah ke makam para keluarga maupun para wali yang dikeramatkan. Di Garut, Jawa Barat, umat Muslim ramai berziarah ke makam keramat Godog di Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan.

Di kompleks makam Godog ini terdapat tujuh makam keramat, di antaranya dan yang paling menjadi tujuan utama para peziarah adalah makam Sunan Rochmat Suci atau lebih dikenal sebagai Prabu Kian Santang.

Menurut penjaga gerbang makam keramat Godog, Qosim (55), peziarah selalu ramai terutama menjelang bulan puasa. Sebagian besar datang dari Jawa Barat, Jakarta, dan Banten.

"Di sini tidak pernah sepi orang datang, apalagi sekarang menjelang puasa, bisa ratusan orang setiap hari. Mereka datang dari jauh-jauh seperti Bandung, Banten, Tasik, Majalengka, dan Jakarta. Dari Jawa juga ada," kata Qosim, Jumat (5/7/2013) siang.

Seorang peziarah dari Majalengka, Asep Hidayat, mengaku rutin mengunjungi makam Sunan Rochmat Suci menjelang bulan puasa. Tahun ini ia datang berombongan dengan keluarga dan para tetangganya.

"Biasanya memang setiap mau puasa ke sini. Sekarang saya bawa bus kecil ada sekitar 25 orang keluarga dan warga kampung. Berziarah untuk menghormati jasa beliau telah membawa Islam di Priangan ini," kata Asep.

Seperti diketahui, baik dari penuturan lisan maupun literatur sejarah, Prabu Kian Santang merupakan salah satu dari tiga tokoh kunci penyebar agama Islam di Tatar Sunda pada akhir abad ke-15. Selain Sunan Rochmat Suci atau Prabu Kian Santang, ada Pangeran Cakrabuana dan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Ketiga tokoh tersebut konon masih satu garis keturunan Prabu Siliwangi, raja Padjadjaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com