Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNPB: Gempa Bisa Berdampak ke Wilayah Lain Sumatera

Kompas.com - 03/07/2013, 18:10 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjelaskan, gempa berkekuatan 6,2 skala Richter (SR) di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, Selasa (2/7/2013), berasal dari sesar aktif di daratan yang dikenal sebagai sesar Sumatera atau sesar Semangko.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sesar Semangko memiliki 19 segmen dan membentang sejauh 1.900 km dari Aceh hingga Lampung, melewati Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu.

"Gempa segmen Aceh 6,2 SR kemarin tentu bisa memengaruhi segmen lain yang berdekatan. Dalam hal ini, kami terus pantau," ungkap Sutopo, Rabu (3/7/2013), di Jakarta.

Namun, Sutopo tetap menegaskan agar masyarakat tidak panik karena saat ini sistem peringatan dini jika terjadi gempa sudah terpasang. Pihak BMKG juga sudah memasang alat monitor dan seismograf yang siap melaporkan jika terjadi gempa dan dampaknya, lima menit setelah terjadinya gempa.

"Namun, tetap gempa tidak dapat diprediksi. Jadi, kita hanya membicarakan potensi-potensi. Kemampuan alat, lima menit setelah gempa dan akan diketahui koordinat, kedalaman dan besarnya, kemudian baru diputuskan apakah berpotensi tsunami atau tidak," ujar Sutopo.

Sutopo juga menegaskan bahwa gempa yang terjadi di daratan tidak akan menimbulkan tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com